Cara Membersihkan Peralatan Kopi Yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Bagi kamu yang suka minum kopi, mungkin memiliki alat pembuat kopi sendiri di rumah. Selain lebih praktis, memiliki alat kopi bisa memunculkan ide kreasi minuman kopi unik tersendiri yang mungkin tidak dijumpai di kedai kopi atau café. Namun, sesering apa kamu menggunakan alat tersebut? Lalu, apakah kamu rutin membersihkannya? Sebagian orang masih ada yang menganggap remeh perihal merawat alat kopi, padahal hal ini sangat penting untuk diperhatikan, bukan saja agar alat tersebut tetap awet digunakan tetapi juga agar kualitas minuman kopi bisa terjaga dengan baik. Berikut ini, ada 4 cara membersihkan peralatan pembuat atau penyeduh kopi yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Buang Dan Bersihkan Ampas Kopi

Saat ingin membuat minuman kopi, sudah pasti akan ada ampas yang dihasilkan. Terkadang, ada saja yang menunda untuk segera membersihkan ampas kopi yang melekat pada peralatan pembuat kopi. Apakah kamu salah satunya yang memiliki kebiasaan ini? Jika ya, maka mulai sekarang biasakan untuk segera membersihkan dan membuang ampas kopi yang ada di peralatan kopi. Jangan biarkan terlalu lama atau sampai mengendap.

2. Hindari Menyikat Alat Terlalu Kuat

Akibat penggunaan alat yang terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama, alat kopi bisa jadi berkerak sehingga untuk menghilangkannya perlu beberapa bantuan alat seperti sikat atau lap. Jika masih memungkinkan untuk menggunakan lap atau sponge , akan lebih baik menggunakan media ini daripada sikat karena dikhawatirkan permukaan sikat yang kasar akan membuat permukaan alat jadi tergores dan rusak. Selain itu, saat membersihkan alat usahakan untuk tidak menyikat serta menggosok terlalu kuat.

3. Jangan Gunakan Bahan Kimia Pembersih

Ada beberapa jenis bahan kimia yang memang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan seperti misalnya detergen atau sabun cair. Namun, untuk peralatan pembuat kopi, sebaiknya hindari menggunakan bahan kimia berbahaya. Hal ini untuk mencegah terjadinya perubahan rasa saat pembuatan minuman kopi karena kopi cukup sensitif terhadap rasa.

4.      Cuci Alat Saat Dingin

Usai digunakan, alat kopi mungkin saja masih dalam keadaan panas atau hangat. Tunggulah beberapa saat hingga alat benar-benar dalam keadaan dingin, setelah itu baru dibersihkan.

Semoga saja informasi tadi cukup bermanfaat untuk sahabat Biko, jangan ragu untuk memberikan komentar serta membagikan postingan ini jika dirasa bermanfaat untuk orang lain.

Mau order atau jadi RESELLER Biko Kopi Premium? Silakan kontak Whatsapp 08111143999 🤗

Bisa juga dibeli di:
✅ Website 👉 https://kopipremium.id
✅ Shopee 👉 https://shopee.co.id/kopibiko
✅ Tokopedia 👉 https://tokopedia.com/bikocoffee-1
✅ Bukalapak 👉 https://bukalapak.com/u/bikocoffee

Salam kopi Indonesia 🙏☺