Membuat Latte Art Sendiri di Rumah

Saat membeli Latte Art rasanya gemes, ingin buat sendiri. Tapi, apa daya itu cukup susah dibuat, terutama bagi yang tidak memiliki jiwa seni. Namun, itu semua bisa dilatih. Jika ada kemauan pasti kamu bisa melakukannya, walaupun agak lama saat pertama kali membuat Latte Art.

Tak perlu mesin espresso yang mahal atau seperti di café-café, kamu bisa membuat Latte Art dengan alat espresso rumahan. Alat ini beragam yang bisa anda pilih berdasarkan harga atau kegunaan, bahkan ada pula yang tanpa listrik. Kalau sudah punya alat espressonya, mulai yuk buat Latte Art. Ketahui tips-tipsnya agar, Latte Art kamu tampak menarik sesuai keinginan.

Berikut ini tips-tips membuat Latte Art sendiri di rumah bagi pemula :

Siapkan Foam Susu

Kesuksesan pembuatan Latte Art adalah berasal dari susunya. Selain pemilihan susu, persiapan buih susu juga berpengaruh. Untuk membuat buih susu yang lembut, kamu harus meletakkan steam wand masuk dari corong milk jug, jangan di bagian tepi atau tengah. Jika salah peletakan steam wand, bisa menyebabkan bunyi selama prosesnya dan kesalahan ini dapat menghasilkan buih yang tidak tepat.

Kamu harus bisa menghasilkan buih susu yang lembut dan padat, karena kalau jarang sulit membuat Latte Art. Jika buih besar, kamu bisa mengguncang atau menghentakkan milk jug, agar buih yang besar menjadi padat dan lembut. Suhu buih juga harus diperhatikan, yang baik antara 55 – 62 derajat celcius.

Ketahui Teknik Tuangan Susu

Kamu pun harus tahu teknik tuangan susu ke espresso. Hal ini agar susu dan espresso berbaur sempurna dan membentuk kanvas yang bagus. Kanvas yang bagus bisa membuat proses pembuatan latte art sempurna juga. Tuang susu pertama dengan ketinggian sekitar 5 cm dari tengah, ada pula yang mengaduk dan menggoyangkan milk jug saat proses itu.

Setelah tuangan pertama, miringkan cangkir dan dekatkan permukaan espresso ke corong milk jug, agar penuangan mudah dan membentuk latte art. Pastikan kamu nyaman saat memegang cangkir selama proses dan jarak penuangan susu ke espresso sekitar 1 – 0,5 cm.

Kamu bisa memilih bentuk latte art sesuai yang diinginkan. Pilih bentuk yang mudah dulu, lalu ke yang sulit. Untuk pertama, hasilnya mungkin tidak bagus. Tapi kalau sudah latihan berulang-ulang, kamu bisa mahir.

Kalau butuh kopi nikmat, minum Kopi Biko Premium. Sediakan Kopi Biko di rumah untuk merasakan kenikmatan ngopi yang tiada tara.

Mau order atau jadi RESELLER Biko Kopi Premium? Silakan kontak Whatsapp 08111143999 🤗

Bisa juga dibeli di:
✅ Website 👉 https://kopipremium.id
✅ Shopee 👉 https://shopee.co.id/kopibiko
✅ Tokopedia 👉 https://tokopedia.com/bikocoffee-1
✅ Bukalapak 👉 https://bukalapak.com/u/bikocoffee