Kopi Bukan Sekedar Minuman, Tapi Juga Penambah Semangat

Mungkin selama ini, kamu tahunya hanya kopi saja, tidak tahu bagaimana sejarah kopi dan perkembangannya. Sebagai pecinta kopi, kamu perlu tahu tentang sejarah kopi agar minum kopi semakin nikmat. Dalam ulasan kali ini Kopi Biko Premium berbagi sedikit banyak tentang sejarah kopi. Simak yuk!

Asal Muasal Kata Coffee

Awalnya kopi berasal dari bahasa Arab Qahwah meskipun tanaman kopi sebenarnya berasal dari Ethiopia. Namun, di Yaman lah tanaman kopi baru ditanam secara berkala karena itu kata Qahweh dari bahasa Arab. Kata ini adalah kata pertama yang menggambarkan minuman kopi ini.

Sedangkan dalam bahasa Turki, disebut dengan Kahveh. Turki merupakan Negara pertama yang mengolah kopi ini. Mereka menyangrai coffee beans yang masih hijau. Lalu di abat 17, Italia menyerap kata Kahve menjadi Caffe. Di Jerman kata ini menjadi Kaffee, Hungaria menyebutnya Kave dan Inggris menyerapnya dengan Coffee.

Sejarah Kopi dan Perkembangannya

Sejarah kopi bermula ditemukan tanaman kopi di Abyssinia atau Ethiopia (sekarang) di abad 9. Kemudian, pada abad 15, tanaman tersebut dibudidayakan dan didagangkan oleh pedagang Arab di Yaman. Melalui perdagangan itu, kopi menyebar sampai ke Eropa karena kerajaan Ottoman Turki sangat baik dalam strategi perdagangan maupun perang.

Pada tahun 1683, saat bangsa Turki mengepung Wina, mereka meninggalkan biji kopi. Kemudian, warga Wina memanfaatkan biji kopi tersebut dengan dibudidayakan dan diolah menjadi minuman. Masyarakat Wina suka dan mulailah banyak kedai-kedai kopi disana. Bahkan masyarakat Wina menganggap kalau kedai kopi merupakan ruang keluarga tambahan.

Di akhir abad ke-17, Belanda membudidayakan kopi di Malabar, India dan juga di Pulau Jawa. Kemudian, Belanda memperdagangkannya dan dalam waktu singkat, Negara kita menjadi pengekspor utama kopi ke Eropa. Di sekitar tahun 1629, Venesia Italia menjadi Negara di luar Timur Tengah pertama yang membuka kedai kopi.

Sedangkan di Oxford, Inggris sudah berkembang lebih dari 3.000 kedai kopi pada tahun 1652 – 1675. Kalau di Amerika, Kopi dikenalkan oleh Belanda pada abad 18. Awalnya dikenalkan ke Amerika Tengah dan Selatan melalui Suriname yang pada saat itu wilayah jajahan Belanda. Sejak pertama dibudidayakan dan diolah, kopi selalu dihati setiap orang.

Berawal dari kesukaan dengan kopi, banyak tokoh terkenal yang mengasah otaknya di kedai kopi. Salah satunya filsuf dan pemikir politik modern dari Perancis, Voltaire (1641 – 1778). Karya Voltaire ini sering dijadikan referensi beberapa tokoh pemikir lain seperti Jean Jacques Rousseau dan Montesque.

Dalam sehari, Voltaire bisa minum kopi sebanyak 40 cangkir sehari sambil mengasah ide dan berdiskusi dengan teman-temannya. Voltaire suka minum kopi dengan coklat.

Namun, jangan ditiru kebiasaan Voltaire itu karena tidak baik juga untuk kesehatan. Bagi kamu yang ingin kopi nikmat bisa dibuat sendiri di rumah, coba konsumsi Kopi Biko Premium.

Mau order atau jadi RESELLER Biko Kopi Premium? Silakan kontak Whatsapp 08111143999 🤗

Bisa juga dibeli di:
✅ Website 👉 https://kopipremium.id
✅ Shopee 👉 https://shopee.co.id/kopibiko
✅ Tokopedia 👉 https://tokopedia.com/bikocoffee-1
✅ Bukalapak 👉 https://bukalapak.com/u/bikocoffee

Salam kopi Indonesia 🙏☺