Apa Itu Drip Coffe?

Mungkin kamu sudah banyak mendengar tentag drip coffe, tapi belum tahu makna sebenarnya. Nah, bagi kamu pecinta kopi, belajar yuk tentang kopi yang lebih detail agar minum kopi terasa semakin nikmat. Kedai-kedai kopi juga sering menjual jenis drip coffe karena lebih mudah disajikan.

Drip Coffee adalah salah satu teknik pembuatan kopi seduh. Kopi seduh ini dibuat dengan cara menuangkan air panas ke atas biji kopi, lalu didiamkan sejenak agar biji kopi meresap ke air di dalam panci secara perlahan. Perlu kamu ketahui bahwa menuangkan kopi secara perlahan, dapat meningkatkan kualitas rasa kopi, sehingga rasanya lebih kuat dan nikmat.

Pembuatan Drip Coffee

Drip coffee termasuk teknik manual brewing yang penyajiannya menggunakan alat-alat manual. Diantaranya seperti corong gelas yang tingkat kemiringannya 60 derajat, cangkir gelas keramik, filter dan kattle dengan leher panjang. Penyeduhan drip coffee berlangsung selama 1,5 menit sampai 2,5 menit.

Caranya letakkan gelas di atas cangkir dan tuangkan kopi pada cangkir yang sudah dilapisi filter. Kemudian, tuangkan air panas dari kattle ke corong yang sudah terpasang di atas gelas. Penuangan air panas ini dengan gerakan memuat agar rasa kopi lebih berkualitas.

Saringan atau filter yang digunakan bisa berupa kertas, mesh atau filter plastic, tergantung selera anda. Namun, yang paling sering digunakan adalah filter kertas karena mudah dibuang dan memberikan rasa segar pada setiap pot. Selain itu, masing-masing filter mempunyai rasa yang berbeda dan berpengaruh pada rasa kopi secara keseluruhan nantinya.

Alasan mengapa drip coffee dituangkan harus melalui filter adalah agar esktrak minyak yang terkandung dalam biji kopi bisa hilang. Sebab, minyak itu tidak boleh tercampur dengan kopi karena bisa mengurangi kualitas rasa kopi.

Kandungan Kafein Dalam Drip Coffe

Mungkin kamu juga bertanya bagaimana kandungan kafein dalam drip coffee? Apakah banyak atau sedikit? Secangkir drip coffee atau setara dengan 12 ons menampung sekitar 120 mg kopi. Sedangkan jumlah kafein tergantung pada besar kecilnya gilingan kopi.

Semakin kecil gilingannya, maka semakin besar ruang resap kafein ke drip coffee. Itu berarti kopi dengan gilingan yang lebih besar mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi dengan gilingan lebih kecil.

Itulah yang dimaksud dengan drip coffee dan penjelasan tentang kafein yang terkandung di dalamnya. Β Kalau kamu membutuhkan kopi nikmat berkualitas, maka pilih Kopi Biko Premium.

Mau order atau jadi RESELLER Biko Kopi Premium? Silakan kontak Whatsapp 08111143999 πŸ€—

Bisa juga dibeli di:
βœ… Website πŸ‘‰ https://kopipremium.id
βœ… Shopee πŸ‘‰ https://shopee.co.id/kopibiko
βœ… Tokopedia πŸ‘‰ https://tokopedia.com/bikocoffee-1
βœ… Bukalapak πŸ‘‰ https://bukalapak.com/u/bikocoffee