Pecinta Kopi? Wajib Tahu Tentang Ini!

Lingkungan tempat tumbuhnya kopi tentu sangat berpengaruh pada aroma juga rasanya. Proses penanganan biji kopi hingga menjadi secangkir kopi premium membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun tentu sebanding dengan hasil akhirnya.

Sebagai salah satu spesies kopi yang tergolong super di dunia, Arabika hanya bisa tumbuh pada ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan laut. Di bawah itu, kopi satu ini tidak dapat tumbuh dengan baik dan tak jarang mati. Lalu muncul spesies kopi Robusta yang justru bisa hidup di bawah ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Dari segi hasil, spesies satu ini menghasilkan buah kopi jauh lebih banyak pada saat panen dibandingkan Arabika. Kandungan kafein yang dimiliki oleh Robusta jauh lebih tinggi ketimbang kopi Arabika. Dalam berat yang sama, Arabika hanya mengandung 1% kafein sedangkan Robusta mengandung 2% kafein.

Karakter Biji Kopi

Kualitas biji kopi sangat berperan penting dalam menghasilkan drip coffee yang sedap. Setidaknya ada tiga karakter yang ada pada kopi dan menjadi penentu kualitasnya. Simak penjelasannya di bawah ini!

  • Tingkat Keasaman

Keasaman pada biji kopi berkaitan erat dengan tingkat kecerahan kopi dan sensasinya pada lidah. Untuk menghasilkan kopi premium, tingkat keasamannya haruslah rendah. Jika terlalu tinggi, kopi justru akan terasa lebih asam di lidah. Tingkat keasaman ini sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah.

Kopi yang ditanam di dataran tinggi dan kaya akan mineral gunung berapi, tentu akan memiliki tingkat keasaman di atas rata-rata. Tidak hanya itu, tingkat keasaman juga dipengaruhi oleh cara pengolahan. Biji kopi yang diolah secara basah, memiliki keasaman tinggi dibandingkan dengan yang diolah secara kering. Tingginya suhu pemanggangan, jenis pemanggang, dan metode pemasakan juga memberi andil besar pada tingkat keasamannya.

  • Aroma

Pada dasarnya, setiap jenis kopi memiliki berbagai sensasi aroma yang dapat menstimulasi indera penciuman, tak terkecuali pada kopi instan. Aroma kopi yang ditangkap oleh hidung terjadi melalui dua mekanisme. Yakni langsung dipersepsikan oleh hidung pada saat mencium aromanya. Mekanisme berikutnya terjadi pada saat kopi telah menyentuh lidah masuk ke dalam mulut

  • Body

Body bisa dikatakan sebagai gambaran rasa yang menakjubkan pada drip coffee yang Anda cicipi. Gambaran ini bisa didapatkan pada saat membiarkan kopi tetap berada di lidah sambil menggosok-gosokkannya pada langit mulut. Biji kopi yang dipanggang secara medium dan pekat, akan memiliki body yang lebih strong jika dibanding dengan yang dipanggang secara ringan.

Kopi Biko merupakan kopi premium yang memiliki body lebih strong untuk varian Robusta. Untuk Anda pecinta kopi yang lebih ringan bisa mencoba varian Arabika. Jangan khawatir, kopi satu ini telah melalui berbagai tahapan untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Jadi, minum kopi setiap hari? Kopi Biko pilihannya!

Mau order atau jadi RESELLER Biko Kopi Premium? Silakan kontak Whatsapp 08111143999 🤗

Bisa juga dibeli di:
✅ Website 👉 https://kopipremium.id
✅ Shopee 👉 https://shopee.co.id/kopibiko
✅ Tokopedia 👉 https://tokopedia.com/bikocoffee-1
✅ Bukalapak 👉 https://bukalapak.com/u/bikocoffee