Tips Minum Kopi Agar Lebih Sehat dan Berenergi

Kopi tidak bisa dihilangkan dari kehidupan sehari-hari karena kopi memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan social. Kopi jika dikonsumsi secara benar, maka akan memberikan manfaat positif dalam tubuh. Konsumsi yang benar ini maksudnya mulai dari kadar kopi dan waktu yang tepat meminumnya.

Kamu harus tahu kapan tubuh memerlukan kopi dan kapan tidak. Sehingga, kamu mendapatkan manfaat kopi secara maksimal dan terhindar dari dampak buruk minum kopi. Namun, masih banyak pecinta kopi yang belum tahu cara minum kopi yang tepat. Oleh karena itu, Kopi Biko Premium, berbagai tips minum kopi agar lebih sehat dan berenergi!

Inilah Tips Minum Kopi untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan jika ingin minum kopi agar mendapatkan manfaat maksimalnya. Inilah penjelasannya :

Kadar wajar minum kopi

Pastikan anda minum kopi sesuai kadar yang baik untuk tubuh. Menurut Prof. Budhi Setianto Purwowiyoto, takaran wajar minum kopi sebanyak 3 – 4 cangkir perhari dan setara dengan 100 mg kafein perhari. Minum kafein kurang dari 500 mg per hari, seharusnya aman bagi tubuh dan baik untuk kesehatan. Prof. Budhi menambahkan, tapi harus waspada saat merasakan jantung berdebar setelah minum kopi.

Panas atau dingin?

Selain jumlah takaran minum kopi, kamu juga harus mengetahui tingkat suhu yang tepat. Banyak perdebatan dikalangan masyarakat tentang minum kopi panas atau dingin. Berdasarkan penelitian di Philadelphia University dan Thomas Jefferson University, diketahui bahwa kopi panas lebih sehat karena kandungan antioksidannya lebih tinggi. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya atau disebut dengan brewing.

Selain itu, ada pernyataan dari American Heatburn Alliance yang mengungkapkan bahwa 75% penderita mag tidak nyaman saat minum kopi panas. Karena kandungan asam kopi dingin lebih sedikit dari kopi panas. Kalau dilihat dari pernyataan ini, baiknya kopi panas atau dingin, terkandung pada kondisi tubuh kamu.

Waktu minum kopi yang tepat

Waktu minum kopi baiknya disesuaikan dengan fungsi organ-organ atau hormon tubuh. Dengan menyesuaikan waktu minum kopi, kamu akan mendapatkan manfaat maksimal. Minum kopi baik dilakukan pada pukul 10 – 12 pagi. Kemudian waktu terakhir adalah pada jam 2 siang atau 6 jam sebelum tidur malam. Minum kopi 30 menit sebelum berolahraga juga memberikan efek baik bagi tubuh.

Campuran kopi

Kopi memang boleh dicampur dengan bahan makanan lain. Tapi, jika dicampur dengan susu tinggi lemak dan beberapa makanan berlemak, bisa menambah asupan kalori pada tubuh. Sehingga, menyebabkan resiko tinggi terhadapa penyakit jantung, diabetes dan lainnya.

Perhatikan pula penambahan gula

Saat membuat kopi, kamu pasti akan mengambil gula putih. Namun, jika berlebihan atau terlalu manis bisa memberikan efek buruk pada kesehatan. Alternative lain, kamu bisa memilih gula arena tau merah yang lebih sehat karena kalori di dalamnya lebih kecil dari gula putih. Disamping itu, gula merah juga mengandung bahan lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, bagi kamu yang ingin konsumsi kopi hitam berkualitas, minumlah Kopi Biko Premium. Kopi ini terbuat dari biji kopi premium yang terjaga kualitasnya.